DIGITALISASI EKONOMI KREATIF MELALUI STARTUP: KAJIAN BISNIS KONTEMPORER DI INDONESIA

  • Rindy Pratiwi Manajemen Bisnis Syariah, STEI Hamfara, Yogyakarta
  • Muhajirin Muhajirin Manajemen Bisnis Syariah, STEI Hamfara, Yogyakarta

Abstract

Tantangan pendirian bisnis baru di Indonesia bermacam-macam, di antaranya adalah kemajuan tekhnologi industri seperti digitalisasi di berbagai sektor. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui digitalisasi ekonomi kreatif melalui startup sebagai kajian bisnis kontemporer. Informasi dikumpulkan dengan pembacaan yang serius dari beberapa sumber seperti: artikel-artikel yang sudah publish di jurnal, buku-buku pustaka, pengamatan langsung di lapangan, dan sebagainya. Hasil dari analisis ditemukan bahwa digitalisasi ekonomi kreatif melalui startup di Indonesia merupakan bentuk bisnis kontemporer yang diminati generasi muda. Bisnis model ini bisa menopang pertumbuhan ekonomi nasional asalkan negara memberikan perhatian dan perlindungan serius terutama dari gempuran pasar global kapitalisme.

Published
2025-05-11