PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), IDENTITAS ETIS ISLAM TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifiksi dan mengukur pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Identitas Etis Islam (IEI) terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dalam Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) pada bank syariah di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan penelitian kausal komparatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) yang diperoleh/bersumber dari informasi yang dikeluarkan dari bank syariah di Indonesia dari tahun 2008-2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan Identitas Etis Islam berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dalam ROA dan ROE. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama terbukti bahwa CSR dan IEI berpengaruh siginifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA. Hasil yang lain menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh pada kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROE, sedangkan pengungkapan IEI berpengaruh siginifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROE.
Rincian Artikel
Hak cipta artikel ada di jurnal at-tauzi setelah dipublikasikan. Peraturan ini memberi manfaat bagi pembaca / pengguna untuk menggunakan kembali artikel tersebut. Siapapun diijinkan menyalin, mendistribusikan, dan membuat karya turunan, asalkan Anda memberi kredit kepada penulis dan lisensi ini. Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons.