PREFERENSI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM MEMILIH JASA MODAL USAHA PADA LEMBAGA KEUANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Isi Artikel Utama

Sugeng Nugroho

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi Pedagang Pasar Tradisional –sebagai pasar potensial bagi Lembaga Keuangan, dalam memilih kredit atau produk pembiayaan pengembangan modal usaha di masa pandemi covid-19. Penelitian ini mencoba untuk mengesampingkan adanya jejaring modal sosial pandemi covid-19. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan data kuantitatif yang dikumpulkan dari sejumlah 100 responden dengan menggunakan kuesioner 5 skala Likert. Teknik sampling menggunakan non-probablity quota sampling, dengan sejumlah 14 butir kuesioner (dimensi). Teknik analisis menggunakan Multi Dmention Scaling (MDS) dengan bantuan SPSS Versi 25 ditemukan lima faktor yang mempengaruhi keputusan memilih produk permodalan usaha dari lembaga keuangan, yakni: faktor people (petugas simpatik dan familiar);  faktor process (administrasi dan pencairan mudah dan cepat); faktor assurance (dana pinjaman lebih besar dari nilai agunan); faktor product (banyak nasabah yang menggunakan); dan faktor price (bunga/bagi hasil pengembalian rendah).

Rincian Artikel

Bagian
Articles