Pengaruh Promosi Online Dan Endorsmen Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen
Abstract
Abstrak. Promosi Online merupakan kegiatan promosi yang dilakukan untuk mengenalkan dan menginformasikan produk kepada konsumen melalui internet yang dilakukan melalui media social seperti Instagram, facebook, twitter dan sebagainya. Endorsement selebgram adalah alat pendukung yang digunakan untuk mempromosikan produk, selebgram ialah influencer yang lebih dikenal di Instagram yang memiliki banyak pengikut (follower). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi online dan endorsement selebgram terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian ini menggunakan collecting yang mana data yang dikumpulkan ditarik kesimpulan dan menghasilkan sebuah hipotesis. Penelitian ini memberikan tinjauan literatur mengenai pengaruh promosi online dan endorsement selebgram terhadap minat beli konsumen. Kerangka konseptual ini dapat membantu para pebisnis jika ingin membuat strategi promosi online dengan menggunakan selebgram dalam memasarkan produknya. Penelitian ini memberikan perenungan bagi pebisnis untuk memasarkan produknya dengan jasa endorser selebriti ataupun selebgram, karena keduanya berpengaruh terhadap minat beli konsumen yang akan meningkatkan penjualan produknya. Hal ini akan memberikan 2 keuntungan yaitu bagi para endorser dan bagi perusahaan. Dari penelitian ini terdapat pengaruh yang positif dan signifikan promosi online dan endorsement selebgram terhadap minat beli konsumen.