Analisis Inovasi Produk, Pemasaran Dan Kolaborasi (Ip2k) Sebagai Kunci Keberhasilan Umkm Pasca Pandemi

-

  • Dina Juni Marianti STEI Hamfara
Kata Kunci: Inovasi Produk, Pemasaran, Kolaborasi, UMKM.

Abstrak

Abstrak. Penulis mendeskripsikan bagaimana strategi keberhasilan UMKM pasca pandemic dengan menganalisis Inovasi Produk, Pemasaran dan Kolaborasi (IP2K).Tujuan dari artikel ini adalah untuk menemukan bagaimana solusi yang bisa diterapkan oleh UMKM agar bisa bangkit pasca pandemic Covid-19. Artikel ini disajikan secara deskriptif dengan analisis IP2K. Penulis menemukan bahwa IP2K merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dalam bisnis dan sudah diterapkan pada UMKM yang sudah berhasil bertahan saat pandemic. Penulis menemukan adanya perbedaan antara beberapa literatur dan praktik UMKM mengenai inovasi produk yang harusnya dibuat berdasarkan segmen atau hanya mementingkan kualitas saja. Kolaborasi dilakukan oleh UMKM sementara pada literatur sedikit yang membahas ‘kolaborasi’ sebagai salah satu solusi.  Tulisan ini berkontribusi pada penemuan dan pengembangan ilmu manajemen strategi dan UMKM sebagai kunci keberhasilan bisnis pasca pandemic.

Diterbitkan
2021-07-24
Bagian
Articles